Cara & Tips Menulis Untuk Pemula





List Materi :
CARA MENULIS KARANGAN
  1. Menentukan tema karangan yang akan ditulis.
Sebelum menulis tulisanmu, tentukan pokok pikiran atau gagasan yang akan mendasari seluruh isi tulisanmu. Dengan sudah ditentukannya tema, maka kita dapat membuat pembahasan yang lebih terarah dan alur cerita tidak simpang siur. Tema juga membuat tulisan kita lebih konsisten dengan apa yang ingin kita bahas di dalam tulisan kita.  
  1. Kumpulkan ide, data atau bahan-bahan untuk karangan.
Carilah ide atau inspirasi untuk menyusun kerangka tulisan kita. Ini penting, karena semakin banyak bahan yang kita miliki, maka semakin banyak juga alur dan cerita yang bisa dibuat.
Agar tidak terlalu bias dan abstrak maka perlu dipilih bahan-bahan yang sesuai dengan tema pembahasan. 
  1. Susun kerangka karangan
Susunlah kerangka karangan untuk mempermudah apa yang hendak kita tulis. Karena, dengan menyusun kerangka karangan membantu kita menguraikan tiap topik atau masalah menjadi beberapa bahasan yang lebih fokus dan terukur.
Tema :
Judul :
Paragraf 1 :
Paragraf 2 :
Paragraf 3 :
Dst.
Tulislah pada paragraf 1, 2, dan 3 pembahasan apa saja yang hendak kita tulis. Perhatikan agar tidak keluar dari pokok pembahasan.
  1. Kembangkan kerangka karangan yang dibuat menjadi karangan sebenarnya.
Mulailah menulis karangan dengan tetap memperhatikan susunan kerangka karangan yang direncanakan agar tidak terlalu luas. Proses pengembangan karangan tergantung kepada penguasaan kita terhadap materi dan juga bahan materi yang telah kita kumpulkan, maka diusahakan pilih alur cerita yang dikuasai sehingga permasalahan dapat diangkat dengan kreatif, mengalir dan nyata. Pengembangan karangan membutuhkan ketelitian dan kecermatan untuk selalu sistematis, logis dan relevan pada tema yang ditentukan.
  1. Terakhir berikan judul pada karangan yang di buat.
Buatlah judul yang menarik dan relevan dengan isi karangan. Lebih spesifik dan menyiratkan permasalahan yang dibahas.
Judul karangan merupakan perincian atau penjabaran dari topik.
  1. Mulai menulis (menulis terus baru diedit).
Mulailah menulis keseluruhan terlebih dahulu, kemudian bacalah ulang dan lakukanlah koreksi jika diperlukan. Dengan mulai menulis membantu kita untuk lebih mudah menuangkan dan mencurahkan inspirasi, kamudian dapat dibaca ulang untuk mengoreksi bagian-bagian yang tidak sesuai dengan pokok pembahasan. Hal ini, digunakan untuk menghindari stuck saat menulis.
  1. Hindari plagiarisme
Ketika mencari bahan ide atau gagasan perhatikan referensi yang digunakan, jangan langsung menyalin pendapat atau karangan seseorang. Cantumkan sumber untuk menghindari plagiarisme.
  1. Persiapankan waktu dan buat target
Buatlah manajemen waktu dan target menulis karangan hingga selesai. Hal ini memudahkan kita untuk terus fokus pada karangan yang sedang dibuat.
TIPS MENULIS
  1. Lakukan Riset
Ketika kita sudah menentukan tulisan yang ingin dibuat, mulailah untuk banyak membaca dan mempelajari berbagai sumber yang relevan. Terutama ketika kita menulis tentang hal yang kurang kita kuasai sebaiknya kita banyak mencari data yang relevan. Dengan banyak membaca pula, kita bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas yang berfungsi juga untuk mendapatkan sebuah ide baru untuk menulis. Ambillah beberapa poin penting yang bisa kalian kembangkan lebih luas.
  1. Tulis Apa yang kita ketahui & pahami
Sebelum kamu berharap pembaca mu memahami isi tulisanmu, maka kamu sendiri harus sudah memahaminya lebih dari siapapun. Hindari tulisan yang sekiranya tidak kamu ketahui & pahami dengan benar. Karena hal tersebut dapat membahayakan kita sendiri ketika ada seseorang yang mempertanyakan sesuatu dan kita tidak paham dengan sepenuhnya. Sehingga tulislah apa yang benar-benar kamu pahami, sehingga jika ada yang mempertanyakaan terkait tulisanmu, kamu bisa mempertanggung jawabkannya. 
  1. Ciptakan suasana menulis yang nyaman
Pilihlah waktu & suasana yang sesuai untukmu. Misalnya, kalian bisa berkonsentrasi ketika bangun tidur, maka kerjakanlah saat itu. Pahamilah diri sendiri untuk menemukan kenyamanan saat menulis. Hal itu akan membuatmu lebih fokus untuk menemukan ide tulisanmu. Karena setiap orang memiliki cara yang berbeda, maka janganlah membandingkan caramu yang mungkin bisa berbeda dengan orang lain. 
  1. Konsisten dan konsekuen
Rutinlah menulis dan buatlah target perhari dan berilah konsekuen ketika tidak dapat melakukannya agar lebih memacu semangat. Misalnya, kalian membuat target untuk setiap hari satu halaman, jika kalian tidak bisa melakukannya bisa dengan menambahkan konsekuen seperti hari esoknya bertambah jadi 2 halaman. Hal tersebut bisa untuk memicu semangat kita dalam menulis.
  1. Evaluasi
Setelah menulis, bacalah ulang sehari kemudian. Biasanya kita akan merasa berbeda ketika membaca ulang tulisan kita sehari kemudian, editlah dan revisi kalimat yang sekiranya tidak pas. Lakukan hal tersebut sampai kalian benar-benar puas dengan keseluruhan tulisan kalian.
  1. Biasakan membuat kerangka & susunan tulisan
Membuat kerangka tulisan akan membantumu dalam mengingat apa saja yang ingin kamu tuangkan. Sehingga tulisanmu tidak keluar terlalu jauh dari topik. Ketika sudah memiliki kerangka tulisan, kita dapat dengan lebih mudah untuk menyusun materi. Materi yang dibuatpun akan lebih terstruktur dan lebih mudah dipahami nantinya oleh pembaca. Dimulai dari sesuatu yang umum lalu menuju hal yang lebih detail.
  1. Buatlah kalimat yang jelas
Penggunaan kalimat yang jelas merupakan salah satu hal yang sangat penting. Penggunaan kalimat yang kurang jelas akan membuat pembaca tidak mengerti dan bingung. Sehingga pesan yang akan kita sampaikan melalui tulisanpun akan tidak bisa tersampaikan dengan baik. Jadi, perhatikan kosakata yang kamu pilih dan buatlah kalimat yang tidak membingungkan sehingga pembaca dapat membaca dengan jelas. 
  1. Biasakan kasih informasi baru
Cobalah cari ide yang berbeda dengan yang lain, setelah melakukan riset kita akan mengetahui tulisan yang seperti apa yang sering dibahas. Cobalah berfikir hal baru yang menarik. Beranilah mengambil sudut pandang yang belum pernah atau sangat jarang dipakai orang, supaya pembaca tidak bosan dengan topik yang itu-itu melulu.
  1. Rajin latihan menulis
Dengan rajin menulis, kemampuan kita akan terus terasah. Dengan sering menulis otak kita akan terbiasa untuk mencari ide-ide baru dan mengembangkannya menjadi tulisan. Karena kemampuan menulis yang baik bukanlah sesuatu yang langsung bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. Kalian bisa memulainya dengan mulai menulis di sosial media. Walaupun hanya menulis singkat, hal itu dapat menjadi titik mula kita untuk berekspresi.
  1. Berdasarkan pengalaman
Menulis yang paling gampang yaitu menulis pengalaman karena kita sudah mengalaminya secara langsung. Namun, ada hal yang harus diperhatikan yaitu pastikan bahwa hal tersebut menarik dan menimbulkan minat baca para pembaca seperti contoh cerita tentang keseharian kita. Akan sangat kecil kemungkinan minat pembaca.. Karena belum tentu semua pengalaman kita akan menarik di mata orang lain. Pastikan hal tersebut menimbulkan ikatan emosi dengan pembaca. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar